"ORANG YANG TIDAK MEMBACA,PASTI TIDAK BANYAK TAU,MAKA BACALAH ISI BLOG SAYA WALAUPUN HANYA SEDIKIT"

Thursday, May 31, 2012

SENI UKIR BATOK KELAPA



Kerajinan Batok Kelapa
Bagi kebanyakan orang Batok Kelapa mungkin tidak berguna, padahal sebenarnya Batok Kelapa justru sangat berguna untuk dijadikan kerajinan yang terlihat sangat bagus. Dan siapa sangka dengan bermodalkan limbah Batok Kelapa yang dimodifikasi dengan tali pandan dan pelepah pisang, menjadikan produk Kerajinan Batok Kelapa ini bernilai seni tinggi dan semakin banyak diminati. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika aneka barang kerajinan berbahan baku Batok Kelapa muda ini kerap ditemui disetiap pusat perbelanjaan di daerah kota wisata seperti Sabang,Jogja, Bali, dan Lombok.
Berbagai Macam Bentuk Kerajinan Batok Kelapa
Kerajinan Batok Kelapa banyak dijajakan untuk dijadikan buah tangan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari aksesoris perempuan seperti jepitan, bingkai foto, hingga perabotan rumah tangga layaknya sendok dan mangkuk.
Selain itu batok kelapa juga bisa dibentuk menjadi kerajinan dalam bentuk gelas minum, nampan, penutup lampu, sendok, garpu, atau sendok sayur. Dengan sentuhan seni yang sangat halus maka hasil kerajinan batok kelapa tersebut terlihat sangat artistik. Bahkan hasil dari kerajinan tempurung kelapa ini bisa berupa ragam tas dengan berbagai bentuk atau model dan ukuran, beragam bentuk model rel gorden, cup lampu, peci, manik-manik atau kancing, dan lain-lain.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajianan dari batok kelapa cukup mudah untuk didapatkan, seperti lem kayu, tangkel ata batok kelapa, dempul, melamin, amplas dan cat. Selain itu texwood juga dibutuhkan untuk dijadikan rangka kerajinan seperti produk meja dan lemari kecil yang bagian luarnya ditempeli tangkel. supaya terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Karena diseratlah melekat nilai seni yang kuat dari pada usaha ini, selain bentuk-bentuk unik yang dibuat.

ADSENSE

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. batok kelapa bagi sbagian orang memang dianggap sebagai limbah...tapi bagi yang kreatif batok kelapa bisa diubah menjadi barang kerajinan yang menarik seperti, bros batok kelapa ataupun karya seni yang lain.

    ReplyDelete
  2. iya gan . .
    untuk itu perlu kreatifitas yg lebih untuk membuat yang satu ini . . .
    terima kasih sudah mau mampir mas ..

    ReplyDelete