"ORANG YANG TIDAK MEMBACA,PASTI TIDAK BANYAK TAU,MAKA BACALAH ISI BLOG SAYA WALAUPUN HANYA SEDIKIT"

Monday, May 13, 2013

CITA - CITAKU BURAM


24-04-2009

                Satiap insan pasti memiliki cita-cita, ada yang pengen jadi Dokter, Pilot, Pejabat, bahkan sampe Presisen. Namun sejenak kedipan mataku berhenti dan bertanya, cita-citaku apa ya?
                Setiap detik, menit, bahkan berjam-jam kulalui hanya untuk memikirkan apa cita-citaku, karena Guruku dilang, orang yang tidak punya cita-cita adalah orang yang tidak memiliki masa depan. Tiba-tiba lamunanku dikejutkan oleh kedatangan Hafizul yang lebih akrab kupanggil dengan sebutan Pidun, dia ini teman se-Kelasku, dan dia pengen jadi Dokter, wah hebat tuh,,!!
               
“Hei, ngelamun aja nie kerjaan,” seru Pidun sambil menepuk bahuku
                “Aku lagi bingung Pid,” curhatku.
                “Bingung, bingung kenapa ?”
                “Aku bingung kalo waktu besar nanti aku mau jadi apa ?”
                “Ah you are, nggak usah bingung lage, aku tau solusinya, mau tau kagak ?”
                “Emang apaan ?”
                “Tapi senyum dulu donk, masa sich wajahnya cemburut gitu”
                “Nie,,!” aku tersenyum sedikit terpaksa.
                “Nah,, gitu donk”
                “Ya udah buruan kasih tau apa solusinya !”

                Baru aja Pidun mau ngejelasin, eh bel pertanda masuk keburu bunyi.

                “Anak-anak, hari ini ibu akan menyuruh kalian membuat karangan,” seru Bu Ani.
                “Membuat karangan? mengarang kale,” balas murid-murid.
                “Temanya apa Bu ?” Pidun mulai bersemangat.
                “Temanya cita-cita, silahkan kalian mengarang sekarang, ibu mau ke Kantor sebentar, ingat harus jujur, nggak boleh tentang cita-cita orang laen, semua harus cita-cita sendiri, ngerti?”
                “Ngerti Bu,,,”

               
                Bingung, bingung dan bingung-lah yang ada di Benakku, aku nggak tau harus nulis apa, sedangkan kawan-kawanku pada lancar semua nulisnya bagai kendaraan tak kenal lampu merah.

                “Eh Fery, kok nggak nulis ?” tanya Pidun
                “Nulis apa-nya, orang aku nggak punya cita-cita,”
                “Tapi kan kamu bisa buat asal-asal, yang penting ada, kalo nggak ntar ditempeleng lho sama Bu Ani”
                “Nggak mau ah, kata Bu Ani kan kita harus jujur”
                “Ya udah-lah terserah”

                Tiba-tiba aku terinspirasi dengan kalimat “kalian harus jujur !” yang Bu Ani ucapkan, dari situlah aku mulai menulis tanpa hambatan sedikitpun.
Beberapa menit kemudian, Bu Ani kembali ke Kelas,,,

                “Gimana anak-anak, udah siap ?”
                “Udah Bu…!”
                “Bagus, sekarang ibu panggil satu-satu untuk baca di Depan”

                One by one kawan-kawanku dipanggil n mereka semua punya cita-cita, bahkan cita-cita mereka bukan lagi setinggi langit, tapi udah sedalam lautan, wah gila tuh orang, hayalannya bukan maen. Dan sekarang giliranku yang maju ke Depan.

                “Oke my friend, I will tell you about…”
                “Hei Fery, ini sedang pelajaran B.indonesia bukan B.inggris”
                “Oke i’m sorry, eh maaf maksudnya”
                “Ya sudah cepet baca !”
                “Ehmm,,, saya akan membacakan hasil karya tulisnya yang saya beri judul BINGUNG,”
                “Hah? bingung?” kawan-kawanku pada bingung.
                “Kenapa bingung judulnya?” Bu Ani juga bingung.
                “Nggak tau Bu, saya juga bingung,” balasku
                “Ha ha ha,” semua pada ketawa.

                Kemudian aku langsung membaca hasil karya tulisku, belum lagi nyampe dua menit udah siap, abiz nggak punya cita-cita sich…

                “Sekian wassalam”
                “Jadi, apa cita-citamu?”
                “Nggak ada Bu”
                “Lho, kok nggak ada?”
                “Ibu bilang kami harus jujur, ya udah saya jujur aja kalo saya emang nggak punya cita-cita, beres kan?”
                “Dasar anak begok, ibu nggak mau tau, pokoknya kamu harus buat ulang dan baca lagi besok, ngerti kamu?”
                “Nge.. nge.. ngeri Bu”
                “Apa kamu bilang?”
                “Maksud saya ngerti Bu”
                “Bagus, sana duduk!”

                Aku yang masih kepikiran soal cita-cita lagi-lagi melamun sendirian, dan seperti biasa, ketika aku melamun pasti ada orang yang mengejutkanku, yaitu si Pidun.

                “Woi,,,!!”
                “Apa woi-woi, nggak lucu tau”
                “Waduh sedapnyaaa,,, pagi-pagi udah kena omel, pedas nggak?” Makmin si Jahil datang mengejekku.
                “Heh Makmin, kerjaannya ceramahin orang aja, mending kamu ceramahin diri kamu sendiri dech sana,” bela Pidun.
                “Oya, gimana kalo kalian aja yang ceramahin aku”
                “Oke siapa takut”
                “Ya udah silahkan!”
                “Hei Makmin yang ganteng, jaga tuh telingamu biar nggak panjeng,” ceramah Pidun seperti orang baca puisi.
                “Hei Makmin yang keren, jaga tuh matamu biar nggak juleng,” sambungku melengkapi puisi di atas.
                “Dan hei Makmin yang yang beken, jaga tuh mulutmu biar nggak sumbeng, ha ha ha”

                Aku sama Pidun tertawa bareng, lalu bagaimana dengan Makmin ya?

                “Hmm,,,hmm,,, awas ya kalian berdua, ntar aku bilangin sama mamaku, hmm,,, hmm,,,,”
                “Ha ha ha, dasar manja,” teriakku
                “Iya ya, gayanya aja yang keren, tapi ternyata cengeng, ha ha ha”

                Tet… tet… tet… tet…

                “Eh bel apaan tuh?”
                “Bunyinya empat kali, berarti pulang…”

                Tak terasa bel udah nyuruh kami untuk pulang. Sesampai di Rumah lagi-lagi aku kepikiran soal cita-cita n bingung mau minta tolong sama siapa.
                Ku coba menenangkan diri sejenak dengan duduk santai di Sofa sambil nonton TV, di situ aku melihat banyak sekali orang sukses, mulai dari Penyanyi, Penari, Polisi bahkan sampe Pencuri, sedangkan aku hanyalah orang yang nggak tau jati diri.
                Beberapa menit kemudian aku tertidur n so pasti bermimpi. Mimpiku ini benar-benar aneh kalo orang-orang mengetahuinya, tapi bagiku itu hal biasa, mau tau apa? ikutin aja lanjutannya certanya!
                                                                #             #             #
                Esoknya aku sangat gembira, dan kegembiraanku itu tentunya diselimuti oleh lamunan yang pastinya dikejutkan lagi sama Pidun.

                “Hei, kenapa nie senyum-senyum sendiri?”
                “Aku udah punya cita-cita Pid”
                “Oya, emang apa cita-citamu?”
                “Ntar aja, tunggu Bu Ani dulu”
                “Bu Ani udah masuk dari tadi tau”
                “Ow.. aku nggak tau”
                “Gimana Fery, sudah siap tugasnya?” tanya Bu Ani
                “Udah dong”
                “Kalo gitu cepat maju ke depan!”

                Setelah memberi salam n basa-basi sedikit, aku langsung to the point.

                “Cita-citaku pengen jadi semuanya”
                “Maksudmu apa?” Bu Ani penasaran.
                “Maksudnya, aku tuh pengen jadi Polisi, Guru, Dokter, Koruptor, pokoknya semua-semuanya dech”
                “Kenapa kamu pengen raih semuanya, emang kamu bisa?”
                “Kenapa tidak, kan yang namanya Fery bukan satu, tapi bwanyaks bwangets”
                “Aduh Fery, ibu tuh nyuruh cita-cita kamu, bukan Fery yang laen”
                “Tapi bu, Fery yang satu dengan Fery lainnya ibarat satu bangunan bu”
                “Alah sok tau kamu, sekarang jawab yang jujur, sebenarnya kamu pengen jadi apa?”
                “Aku pengen jadi…”
                “Ayo cepat jawab!”
                “Kalo jadi Dokter aku takut darah, kalo jadi Polisi aku  nggak bisa push up, kalo jadi Pilot aku nggak bisa terbang, kalo jadi Penulis aku nggak bisa nulis, kalo jadi Guru gajinya kurang. Jadi gimana dong Bu, aku nggak tau mau jadi apa?”
                “Dasar anak begok, emang tiap malam kamu mimpiin apa sich?”
                “Mimpi pengen kawen”
                “Hah? Pengen kawen?”
                “Iya, aku mimpi pengen kawen trus punya anak seribu ekor”
                “Seribu?”
                “Iya, aku pengen ikut KB”
                “Keluarga Berencana?”
                “Bukan, tapi Keluarga Banyak anak”
                “Ampun nie anak, pikirannya melayang ntah ke mana, jadi itu cita-citamu?”
                “Bukan juga Bu”
                “Trus apa?”
                “Mana saya tau, saya kan bukan peramal”
                “Cita-cita itu nggak perlu diramal begok”
                “Kalo gitu coba ibu bilang apa cita-cita saya?”
                “Ya mana ibu tau”
                “Berarti ibu juga begok donk”
                “Ha ha ha,” semua pada ketawa.
                “Fery, mulai hari ini kamu dikeluarin!”
                “Aduh makasih ya Bu, udah dari tadi saya pengen keluar mau ke Toilet, tapi nggak berani minta”
                “Bukan keluar, tapi dikeluarin!!”
                “Sama aja kale”
                “Hmm,” Bu Ani jatuh ke Lantai.
                “Bu, bangun Bu, jangan pingsan!”


                               


  



ADSENSE

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment