"ORANG YANG TIDAK MEMBACA,PASTI TIDAK BANYAK TAU,MAKA BACALAH ISI BLOG SAYA WALAUPUN HANYA SEDIKIT"

Tuesday, May 14, 2013

SAMPAH - SAMPAH CINTA


                Rintik-rintik embun mulai timbul, sang fajar-pun mulai muncul, hembusan angin pagi yang mengguyur, membuat Mita semakin terlelap dalam tidur.
05-04-2009



                Tok… tok… tok…
                “Non,, non Mita,, di depan ada tamu non”
                “Si-a-pa?” sahut Mita lemes
                “Mbak Sella non”
                “Suruh masuk aja Bik!”
                “Mbak Sella, disuruh masuk ke dalam sama non Mita”   suruh Bibi dengan sopan.
                “Oke makasih Bik”
               
Dengan tergesa-gesa Sella masuk ke Kamar Mita dan langsung marah-marah.
               
“Mita! Cepet bangun!” teriak Sella.
                “Apa-apaan sih Sel, masuk kamar orang maen teriak-teriak aja, pekak tau”
                “Apa-apaan kamu bilang, kamu lupa kalo hari ini ada ulangan matamatika”
                “Tenang aja, konsep udah siap di Sarang Keritingku (rambut kribo)”
                “Kamu ini ya, dari dulu nggak pernah berubah, kerjaannya buat konsep melulu”
                “Ya aku sih ikutin kata pepatah aja, kalo ada yang mudah, untuk apa cari yang susah”
                “Ya udah deh terserah kamu, cepet mandi sana!”
                “Alah ntar aja, emang udah jam berapa sich?”
“Liat aja ndiri!”
“What? Udah jam 07.30, bisa mampus nie kalo sampe telat”

                Tanpa buang-buang waktu lagi, Mita langsung mempersiapkan diri, mulai dari mandi, gosok gigi, hingga lariiiiiiii,,,,

                “Hoh, akhirnya sampai juga,” Mita ngos-ngosan
                “Eh Mit, kayaknya orang-orang ngeliatin kita dech”
                “Oya, biarin aja, secara gitu lho, aku kan artis papan atas”
                “Papan atas? Papan tulis kale, ha ha ha”

                Tiba-tiba terdengar suara teriakan dari arah belakang mereka.

                “Woi,,, kalo buat konsep simpen yang bener donk!”
                “Ya ampun, konsepnya nampak ya, Sella tolong ambilin donk!”
                “Iya-iya”
                “Mita, Sella, kalo nyari kutu jangan di Sekolah, paham?” seru Pak Killer
                “Emang siapa yang nyari kutu, orang lagi nyari konsep juga” Sella kecoplosan.
                “Apa? Mita, kamu ikut saya ke Kantor!”
                “Hah, Pak Killer? kabuuur!”
                “Mau lari ke mana kamu, cepat ikut saya ke Kantor sekarang juga!”
“Ta,, ta,, tapi Sella kok nggak ikut Pak?”
                “Bapak melihat konsep di Rambut Kribo mu, jadi itu pasti ide mu, sedangkan Sella hanyalah korban dari ulah konyol mu itu, iya kan?” Bentak Pak Killer.
                “Tapi Pak”
                “Udah, nggak ada tapi-tapian, cepet ikut bapak ke Kantor!”
               
Tet,,, tet,,, tet,,,
                Bel telah berbunyi, suasana di Sekolah-pun mulai sunyi, semua murid mengikuti ulangan bersama dengan tenang, namun berbanding terbalik dengan Mita, yang harus rela meninggalkan ulangan dan ikut Pak Killer ke Kantor.
               
“Pak, yang tadi tuh bukan konsep, tapi sampah yang di lempar sama orang”Mita mengeluh.
“Kamu piker saya begok apa, udah jelas-jelas ketangkap basah, masih aja mengelak, kamu harus saya kasih hukuman”
                “Tapi Pak saya harus ikut ulangan sekarang”
                “Ulangannya nanti bisa ikot susulan”
                “Emang hukumannya apa Pak?”
                “Bersihkan seluruh halaman sekolah!”
                “Aduh Pak jangan itu dong, yang laen aja”
                “Kalo gitu bersihin WC mau?”
                “Ngg,,, nggak dech, bersihin halaman aja”
                “Ya udah sana cepetan, bersihin sebersih-bersihnya!”

                Dengan memasang muka cemberut yang dibumbui dahi keriput dan diaduk dengan mulut yang ciut, Mita terpaksa harus membersihkan seluruh halaman Sekolah sendirian. Namun tiba-tiba lewat seorang cowok yang baru masuk lewat pagar Sekolah, dan ternyata dia ketahuan sama Pak Killer.

                “Hei Rio, sini kamu!!” teriak Pak Killer
                “Mampus aku, ketahuan sama si Harimau”
                “Kenapa terlambat?”
                “A,, a,, anu Pak”
                “Macam mana Sekolah kita mau berkembamg, kalo Ketua OSIS-nya aja telat ke Sekolah”
                “Maafin saya Pak, saya tau saya salah”
                “Emang kamu salah, sekarang kamu bantu Mita membersihkan seluruh halaman sekolah, ngerti kamu?”
                “Nge,, nge,, ngeri Pak”
                “Apa kamu bilang?”
                “Maksud saya, ngerti Pak”
                “Ya udah, sana kerja!!”

                Tanpa ada rasa malu ditambah gaya yang sedikit lugu, Rio langsung mendekati Mita dan menyapanya.

                “Hai, telat juga nie?” sapa Rio
                “Ya ampun,,, nie cowok cool abiez,,,” seru hati Mita
                “Hallo, kok bengong?”
                “Ngg,, nggak kok, aku nggak bengong”
                “Oya kenalin, aku Rio, kamu siapa?”
                “A,, a,, aku Mati”
                “Ooo,,, nama kamu Mati”
                “Bukan, bukan Mati, tapi Mita”
                “Ooo,, Mita, ya udah kerja yuk, biar cepat siap”

                Pandangan pertama membuat hati Mita jadi berbunga-bunga, ketampanan Rio membuat Mita semakin terpesona, dan perkenalan singkatnya membuat Mita seperti diguna-guna. Kini sampah yang begitu banyak disapu habis bagai gerakan sekali bilas, tiba-tiba…

                “Aduh sakit!” teriak Mita sambil memegang kakinya.
                “Ya ampun kakimu kenapa?” tanya Rio sambil memegang kaki Mita.
                “Kayaknya terkilir dech” seru Mita manja.
                “Kalo gitu tunggu bentar ya, aku panggilin Pak Killer”
                “Jangan!”
                “Udah nggak pa-pa” Rio lari ke Ruang Pak Killer.
                “Padahal aku mau-nya digendong, eh malah dikasih Pak Killer yang brondong, sebel-sebel-sebel!”
                “Mita, kenapa kakimu?” kedatangan Pak Killer mengejutkan Mita.
                “Ngg,, ngg,, nggak kenapa-kenapa kok Pak, ini cuma keseleo dikit,” Mita nampak kaku.
                “Tapi Rio bilang kamu terkilir, apa benar itu?”
                “Entah-lah Pak, saya juga kurang tau”
                Rio
                “Iya Pak”
                “Tolong kamu anterin Mita ke Ruang Kesehatan!”  
                “Tapi Pak, Sekolah kita kan nggak punya Ruang Kesehatan”
                “O iya, saya lupa, trus gimana dengan Mita?”
                “Kasih izin pulang aja Pak, biar dia berobat di Rumah”
                “Oke good idea, Mita kamu pulang aja sana!”
                “Baik Pak”

                Siang harinya kawan-kawan se-kelas Mita datang mengunjunginya, sedangkan Mita sedang asyik-asyiknya nari poco-poco.
               
“Lho Mita, katanya sakit, tapi kok,,,” Sella n friends bingung.
“Emang siapa yang ngasih tau kalian?”
“Rio,” jawab mereka serentak.
“Udah-udah, mending kalian semua pada bubar dech, aku nggak sakit kok”
“Kalo gini percuma donk kami datang jauh-jauh, wuuu,,,!,” mereka pada kecewa dan langsung pulang, kecuali Sella. 
“Mita, maksud mu apa sich, Rio bilang kamu sakit, tapi nyatanya nggak”
“Sella, sini duduk, aku mau cerita sama kamu”
“Jawab dulu yang aku tanya tadi!”
“Iya ntar dulu, kamu kenal Rio nggak?”
“Kenal, si Ketua OSIS itu kan, emang kenapa?”
“Tadi pagi aku kan kena hukuman sama Pal Killer, tapi aku nggak sendirian”
“Emang sama siapa?”
“Sama Rio, dia telat ke Sekolah, jadinya kami bersihin halaman berdua, ih,,, so sweet,,,”
“Oo jadi ceritanya lagi falling in love nie”
“Kok kamu tau?”
“Ya jelas tau-lah, orang kamu-nya dari tadi ngebahas Rio melulu”
“Oya trus-trus aku punya ide buat ngegaet hatinya”
“Pasti ngaco nie ide-nya , iya kan?”
“Nggak , aku pura-pura terkilir biar dia simpati sama aku, eh ternyata dia lapor sama Pak Killer, padahal aku pengen digendong sama dia”
“Trus kenapa kamu pulang cepat?”
“Ya mereka pikir aku terkilir beneran, trus Pak Killer nyuruh aku pulang dech”
“Tapi kayaknya, Rio juga suka dech sama kamu”
“Oya, tau dari mana?”
“Ya buktinya Rio ngasih kabar ke kita kalo kamu tuh sakit”
“Oh my God,,, Rio, I love you so much”
“Kalian udah saling kenal belum?”  
“Udah”
“Nomor HP dia berapa?”
“Ya ampun lupa minta, tolongin aku donk Sel, tolong cariin nomor-nya Rio”
“Ya dech ntar aku usahain, sekarang aku cabut dulu ya, udah sore nie”
“Ya,, thanks ya Sel, bye,,,”

Malam hari-nya,,,

“Hallo, Sel temenin aku jalan-jalan ke Mall yuk!” ajak Mita lewat Handphone.
“Aduh sorry Mit, aku nggak bisa, aku mesti nganterin nyokap ke Rumah Sakit”
“Ya udah deh nggak pa-pa, aku pergi sendiri aja”

Akhirnya Mita pergi ke Mall sendirian naik Taxi, dalam perjalanannya tiba-tiba Pak Sopir hamper menabrak seorang Pemulung yang sedang menyebrang jalan hingga sampah bawaannya jatuh berhamburan.

“Woi,,, kalo nyebrang pakek mata dong!” teriak Pak Supir.
“Emang siapa sih Pak?” tanya Mita.
“Itu ada Pemulung yang nyebrang sembarangan mbak”
“Bentar Pak, biar saya kasih pelajaran tuh orang”

Dengan rada yang agak panas, Mita mendekati si Pemulung dan langsung memarahinya.

“Hei Pemulung, punya mata nggak sich?”
“Ma,, ma,, maaf mbak”
“Ya ampun, ka,, ka,, kamu Rio kan? Kok kamu jadi,,,”
“Iya Mit, aku seorang Pemulung, aku begini karena aku harus nyari duet buat adek-adekku”
“Emang orang tua mu kemana?”
“Mereka sudah meninggal”
“Mbak, jadi berangkat nggak?” teriak Supir Taxi
“Nggak jadi lah Pak, nie ongkosnya”
“Emang mbak kenal sama dia?”
“Iya, dia teman saya”

Akhirnya Mita nggak jadi ke Mall, tetapi Mita ikut bersama Rio.

“Mita, kok Taxi nya pergi?”
“Iya aku nggak jadi berangkat”
“Kenapa?”
“Karena aku pengen ikut dengan mu”
“Ikut? Ikut kemana?”
“Yaa anterin kamu pulang”
“Aku nggak mau pulang dulu, soalnya aku belum dapat makanan, kasian adek-adekku kelaparan”
“Udah,, kamu nggak usah panik, yuk ikut aku!”
“Kemana?”
“Kita beli makanan buat adek-adekmu”
“Mita, maafin aku ya, gara-gara aku kamu jadi ikut susah”
“Udah nggak pa-pa, lagean udah tugas kita kan untuk saling tolong-menolong, yuk ah, ntar warungnya  keburu ditutup lagi”

Setelah membeli makanan, Mita dan Rio langsung menuju ke Gubuk tempat tinggalnya Rio, tempat di mana sampah ditumpuk, bau yang busuk, dan penyakit yang merajuk, bagi Rio itu sudah menjadi hal yang biasa, namun bagi Mita itu masih menjadi suatu keanehan tersendiri, karna dia nggak pernah ke tempat yang seperti itu sebelumnya.

“Jadi, kamu tinggal di sini, trus adik-adikmu mana?” tanya Mita memastikan.
“Ada di belakang, Dek,, adek,,!”
“Horeee kak Rio pulang”
“Nie kakak bawa pulang makanan”
“Makasih ya kak”
“Kalian nggak usah berterima kasih sama kakak, berterima kasih-lah sama kakak ini”
“Kakak berambut kribo makasih yaa,,”
“Eits nggak boleh gitu, kakak ini namanya Mi-ta”
“Makasih ya kak Mita,,,”
“Sama-sama”
“Kalo gitu sana makan, ntar keburu basi lho makanannya”
“Baik kak,,,”
“Rio, sini bentar, aku mau ngomong”
“Kamu mau ngomong apa?”
“Aku salut dech sama kamu, walaupun hidup kamu susah, tapi kamu tetap tegar ngejalaninya”
 “Ya ini semua emang udah takdirku”
 “Oya, gimana kalo kamu kerja di tempat ayahku?”
“Sorry aku nggak bisa”
“Tapi kenapa?”
“Ya karna aku bukan siapa-siapa kamu”
“Coba aja kalo kamu tau apa isi hatiku,” suara Mita merendah
“Apa kamu bilang?”
“Nggak, aku nggak ngomong apa-apa kok”
“Ya udah masuk ke dalam yuk, di luar bau”
“Nggak makasih, aku harus buru-buru pulang, nie udah larut malam”
“Kalo gitu yuk aku anterin”

Dalam perjalanan di sepanjang tumpukan sampah, tiba-tiba Mita kesandung oleh sebuah batu dan jatuh ke tempat sampah yang berhamburan tersebut.

“Aduh,, Rio tolongin aku dong!” pinta Mita sambil menguluri tangannya
“Nie, pegang tanganku kuat-kuat!”

Ternyata di tempat Rio berdiri ada kulit pisang, akhirnya Rio juga ikut terjatuh bersama Mita.

“Ha,, ha,, ha,,” keduanya tertawa riang, namun kemudian keduanya saling menatap muka.
“Mita, sebelum kamu pulang, ini kupersembahkan untukmu”
“Ya ampun bagus sekali, beli di mana?”
“Ini bunga yang aku kumpulin dan ku rangkai selama se-tahun lebih, maaf kalo bau-nya tak sedap, karna bunga itu ku kutip dari sampah-sampah di sekitar sini”
“Aku boleh tanya sesuatu nggak?”
“Boleh”
“Apa maksud kamu memberi bunga ini untukku?”
“Sebenarnya,,, aku suka sama kamu Mit, tapi kini aku sadar kalo aku bukan siapa-siapa, aku hanyalah seorang pemulung, jadi simpan aja bunga itu sebagai kenang-kenangan dariku”
“Tidak Rio, kamu nggak boleh ngomong gitu, setiap orang berhak untuk mencintai dan dicintai, apakah kamu tau, apa perasaanku sekarang?”
“Apa?”  
“Aku juga cinta sama kamu, aku juga sayang sama kamu Rio”
“Kenapa? kenapa kamu cinta sama aku, padahal aku seorang pemulung, seorang yatim piatu, dan orang miskin yang tak punya apa-apa”
“Satu hal yang harus kamu tau, cinta itu tak pernah memandang bulu”

Berawal dari kena hukuman berdua yaitu membersihkan halaman sekolah dari sampah, bertemu di jalan dan hampir menabrak Rio hingga sampahnya berhamburan, hingga berlanjut saling berjatuhan di tempat sampah dan mulailah timbul benih-behih cinta. Siapa sangka dan siapa duga, bahwa cinta bisa timbul dari tumpukan sampah.

                                                                                                                                                SEKIAN

ADSENSE

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. hahaha
    ternyata cinta ada sampahnya juga ya!
    Lanjutkan postingannya sob ,

    ReplyDelete