"ORANG YANG TIDAK MEMBACA,PASTI TIDAK BANYAK TAU,MAKA BACALAH ISI BLOG SAYA WALAUPUN HANYA SEDIKIT"

Sunday, June 2, 2013

TEKNIK PENYALURAN SINYAL

Komunikasi data antarkomputer dalam topologi jaringan memerlukan teknik penyaluran sinyal agar data yang terkirim sesuai keadaan yang sebenarnya atau sesuai keinginan. Secara singkat dapat diuraikan bahwa teknik penyaluran sinyal dalam saluran media transmisi dengan menggunakan teknik sebagai berikut:

1. Baseband 
Menggunakan sinyal digital. Transmisi yang digunakan bersifat bidirectional dan dipakai hanya untuk topologi bus yang jangkauannya pendek. Media yang digunakan adalah kabel coaxial (50ohm), dengan spesifikasi IEEE 802.3 (Ethernet). Bila inti kabel coaxial berdiameter 0.4 inch dan data rate 10 Mbps, maka perangkat ini kita dapat menjangkau jarak 500 m (dikenal dengan sebutan 10BASE5). Untuk jarak yang lebih jauh dapat digunakan repeater.

2. Broadband

Menggunakan sinyal analog dengan Frekuency Division Multiplexing (FDM). Spektrum media transmisi dapat dibagi sesuai keperluan. Jarak yang dapat dijangkau lebih jauh dibanding baseband dan mendukung topologi tree; merupakan hubungan undirectional yang penuh, yang mengharuskan ada dua saluran data. Semua stasiun mengirim sinyal melalui inbound dan menerima sinyal dari saluran outbond dengan cara:
  • Memakai dua kabel terpisah (dual cable), atau
  • Memakai satu kabel dengan frekuensi modulasi berbeda (split)
  • Memakai media transmisi kabel coaxcial 75 ohm dan data selalu dimodulasi terlebih dahulu, lebih baik dari baseband karena dapat mengirimkan voice dan video secara bersamaan.

ADSENSE

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Terima Kasih atas kunjungannya . . .
    Buka terus serba-serbi dan dapatkan informasi yang uptodate . . . .

    ReplyDelete